Tips Menggunakan Face Shield Secara Efektif

COVID-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 atau yang lebih dikenal sebagai virus COVID-19. Virus ini merupakan jenis virus baru yang berbahaya bagi tubuh manusia dan penyebarannya sangat cepat. World Health Organization (WHO) telah menetapkan COVID-19 sebagai krisis kesehatan global sejak Maret 2020.

face shield

Berbagai upaya penanggulangan dilakukan untuk menghindari tertular virus COVID-19, salah satu yang gencar dipromosikan adalah penggunaan masker yang menutupi hidung hingga dagu. Tidak lama kemudian, face shield muncul dan populer bahkan dianggap dapat menggantikan masker. Padahal penggunaan face shield tidak berguna tanpa masker. Berikut penjelasan lengkap tentang tips menggunakan face shield secara efektif dan benar, serta hal lain yang berhubungan dengan face shield. 

Tips menggunaan face shield yang benar

Menggunakan face shield dengan cara yang salah sama saja tidak memberi manfaat apa pun pada Anda. Hal itu dikarenakan face shield hanyalah alat tambahan dan tetap tidak bisa menggantikan masker dalam pencegahan penularan virus COVID-19. Berikut ini cara menggunakan face shield yang benar. 

  1. Pilih ukuran yang tepat

Jika Anda membeli face shield, pastikan Anda memilih ukuran yang tepat. Face shield sendiri kini hadir dengan berbagai model, bentuk, dan harga yang berbeda-beda di pasaran. Ukuran face shield yang tepat bisa diukur melalui beberapa hal. Pertama, pastikan face shield bisa menutupi area wajah sepenuhnya dari dahi hingga dagu paling bawah. Kedua, pada bagian kanan kiri face shield sebaiknya menyentuh telinga atau setidaknya sangat dekat dengan kedua telinga. Ketiga, semestinya tidak ada celah antara bagian atas face shield dengan dahi. 

  1. Gunakan bersamaan dengan masker 

Menggunakan face shield tanpa menggunakan masker merupakan tindakan yang sia-sia. Survei membuktikan bahwa orang yang hanya menggunakan face shield tanpa masker tetap berisiko tinggi tertular virus COVID-19. Beberapa orang hanya menggunakan face shield tanpa disertai masker dengan alasan bahwa lebih nyaman dan tidak pengap. Padahal, penggunaan face shield yang efektif harus disertai dengan penggunaan masker.

  1. Bersihkan secara rutin

Tips selanjutnya yaitu menjaga kebersihan face shield. Anda perlu membersihkan face shield secara rutin terutama setiap setelah digunakan. Semprotkan cairan disinfektan pada permukaan dalam maupun luar face shield, kemudian lap menggunakan kain bersih. 

  1. Hindari meminjamkan face shield

Sama seperti masker, face shield tidak untuk dipakai bergantian. Hindari meminjamkan face shield pada orang lain. Selain itu, Anda juga tidak seharusnya menggunakan face shield milik orang lain. Hal tersebut untuk menghindari kemungkinan penularan virus COVID-19. 

Cara mencegah penularan virus COVID-19

Menggunakan masker dan face shield merupakan cara penting untuk mencegah penularan virus COVID-19. Selain itu, Anda juga perlu menerapkan beberapa hal lain, berupa protokol kesehatan, agar terhindar dari virus COVID-19.    

  1. Cuci tangan menggunakan sabun

Anda harus rajin mencuci tangan menggunakan sabun menggunakan air mengalir. Jika tidak ada, gunakan handsanitizer. Hindari pula menyentuh area wajah menggunakan tangan. Selain itu, ketika Anda berbelanja atau akan menyentuh benda yang disentuh banyak orang, Anda bisa menggunakan sarung tangan.  

  1. Menjaga jarak

Agar terhindar dari penularan virus COVID-19, Anda harus menjaga jarak dengan orang lain minimal 1,5 meter. Jangan bersalaman atau memeluk orang sembarangan sebab Anda bisa tertular atau menularkan virus melalui droplet tanpa disadari.  

  1. Hindari kerumunan 

Meski sudah menggunakan masker dan face shield, usahakan Anda tetap menghindari kerumunan. Tetap tinggal di rumah jika memang tidak ada keperluan mendesak untuk pergi keluar. 

  1. Menjaga daya tahan tubuh

Hal terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga daya tahan tubuh. Virus COVID-19 merupakan jenis virus yang menyerang imunitas tubuh. Anda sebaiknya menjaga pola makan, tidur teratur, serta berolahraga sehingga tubuh senantiasa kuat dan sehat. 

Semahal apapun face shield yang Anda gunakan, jika tanpa disertai penggunaan masker, tentu kurang efektif. Menggunakan masker dan face shield saja belum cukup, Anda tetap harus menjalankan protokol kesehatan demi terhindar dari virus COVID-19. Akan tetapi, menggunakan face shield tetap diperlukan sebagai pelindung tambahan. Semakin banyak perlindungan yang Anda terapkan, maka semakin kecil pula risiko tertular virus COVID-19. 

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*