10 Resolusi Tahun Baru untuk Hidup Lebih Sehat yang Wajib Anda Coba

Tidak bisa dipungkiri, merancang sebuah resolusi merupakan hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Apalagi dengan menyelipkan segala mimpi dan idealisme dalam menjalani sebuah kehidupan. Namun, dalam tahap eksekusi, tidak sedikit yang merasa kesulitan dalam menjalani dengan konsisten setiap target dari resolusi yang telah dirancang. Meskipun begitu, bukan berarti resolusi adalah hal yang mustahil untuk dicapai. Berikut adalah contoh 10 resolusi tahun baru untuk hidup yang lebih sehat.


1. Menurunkan Berat Badan
Menurunkan berat badan adalah salah satu resolusi tahunan yang cukup banyak dimiliki orang-orang. Meskipun tingkat popularitas target ini tinggi, kesulitan untuk dapat konsisten dan berkomitmen kuat dalam melakukannya membuat target ini selalu gagal pada awal-awal pelaksanaan. Padahal, jika Anda tidak mengharapkan kesuksesan dalam waktu singkat dan fokus pada proses dan tiap progres kecil, Anda akan dapat mencapainya di waktu yang tepat sesuai usaha dan tingkat konsistensi Anda.

Target menurunkan berat badan ini bukan hanya sebagai bentuk keinginan mencapai bentuk tubuh yang ideal dan indah, melainkan juga sebagai impian menjalani hidup yang sehat dan terhindari dari beragam penyakit yang berisiko menjangkit orang dengan berat badan berlebih.

2. Menjaga Silaturahmi
Saat Anda merasa bahwa ada beberapa teman, kerabat, atau bahkan keluarga yang sudah cukup lama tidak tersapa, cobalah untuk kembali menjalin komunikasi. Akan lebih baik jika Anda meluangkan waktu di akhir pekan atau sepulang bekerja untuk sekadar menanyakan kabar dan berbincang ringan. Hal ini sangat baik untuk meningkatkan kesehatan dari sisi sosial dan kemanusiaan. Banyak berinteraksi dengan orang akan membangun empati dan komunikasi. Jangan hanya bergantung pada foto dan unggahan video yang ada di media sosial untuk mengetahui kabar dan kondisi seseorang.

3. Berhenti Merokok
Tidak perlu dipertanyakan lagi, merokok merupakan salah satu kebiasaan buruk yang berbahaya bagi kesehatan seseorang. Jika berhenti merokok selalu menjadi wacana yang tidak terealisasikan, cobalah untuk lebih fokus dan serius dalam membangun target tersebut tahun ini. Cobalah untuk berkonsultasi pada beberapa mantan perokok yang berhasil lepas dari ketergantungan pada rokok. Selain itu, Anda juga bisa mencoba cara lain dengan memikirkan uang yang dapat Anda alihkan dari hanya membeli rokok.

4. Menabung Lebih Banyak
Siapa bilang hidup sehat itu membutuhkan biaya yang besar? Sebaliknya, Anda malah dapat lebih bisa menyimpan uang lebih dengan menjalani kehidupan yang lebih teratur tanpa mengikuti dorongan dan tren masa kini.

Makanlah masakan rumah yang lebih sehat dan bersih. Anda dapat mengatur sendiri bahan makanan yang segar dan bergizi dengan memberi bahan baku yang lebih murah dibandingkan dengan membeli jadi.

Selain itu, berolahraga juga dapat Anda lakukan tanpa membutuhkan biaya besar. Lupakan dengan biaya gym atau sanggar senam yang mahal. Ada banyak aplikasi kebugaran dan video tutorial latihan fisik yang dapat membantu Anda melakukan olahraga dengan baik tanpa membayar sepeserpun uang.

5. Kurangi Stres
Sedikit tekanan dan stres memang tampak tidak berbahaya. Padahal, jika dibiarkan dan menumpuk, stres dapat berdampak pada kondisi kesehatan fisik seperti diare, sembelit, hingga beberapa gangguan lain mulai dari insomnia, depresi, obesitas, penyakit jantung, dan banyak lagi.

Waspadai jam kerja yang terlalu banyak, kurang waktu tidur, tidak berolahraga, pola yang buruk, dan kurangnya waktu bersosialisasi yang dapat berisiko mengakibatkan stres. Dengan kata lain, cobalah untuk menghindarinya dengan mengimbangi waktu untuk bekerja, istirahat, olahraga, dan bersosialisasi sesuai dengan porsinya.

6. Menjadi Relawan
Cara terbaik yang kerap diabaikan untuk menghidari stres dan tekanan adalah dengan berbagi dengan banyak orang tanpa memikirkan sebuah imbalan untuk diri Anda. Menjadi relawan dalam sebuah kegiatan sosial dapat meningkatkan kebahagiaan karena akan ada apresiasi dari diri sendiri saat Anda dapat membantu orang lain. Kurang lebih itulah yang diungkapkan oleh Peter Kanaris, Ph.D., Koordinator Pendidikan Publik untuk New York State Psychological Association.

7. Jangan Berhenti Belajar
Siapa bilang kembali bersekolah dan belajar akan menambah beban pikiran. Pasalnya, belajar ternyata dapat membentuk karakter dan pola pikir menjadi lebih berkembang dan hidup. Jadi jangan heran jika banyak orang tua yang tetap tampak muda, enerjik, dan fokus karena tetap konsisten dalam belajar, baik itu dalam kelas formal, kelas informal, ataupun dengan membaca buku dan rutin mengikuti seminar terbuka.


8. Kurangi Alkohol
Jika Anda merupakan seorang peminum alkohol, cobalah untuk mulai mengurangi asupannya sedikit demi sedikit untuk kesehatan tubuh yang lebih baik di masa depan. Minum alkohol berlebihan mempengaruhi neurotransmiter otak dan dapat meningkatkan risiko depresi, kehilangan memori, atau bahkan kejang. Para peminum berat dapat mengalami peningkatan risiko penyakit hati dan jantung, hipertensi, stroke, kerusakan mental, dan bahkan kanker mulut, tenggorokan, hati, serta payudara.

9. Perbanyak Waktu Istirahat
Anda mungkin sudah tahu bahwa tidur malam yang baik dapat menenangkan suasana hati dan menyegarkan penampilan. Namun, ternyata tidur juga dapat memiliki dampak baik untuk kesehatan fisik secara keselutuhan. Kurang tidur telah dikaitkan dengan risiko obesitas dan diabetes tipe 2 yang lebih besar. Bahkan, tidur juga sangat penting untuk memperkuat ingatan (proses yang disebut konsolidasi).

Namun, ini bukan berarti Anda dapat tidur lama tanpa melakukan aktvitas lain. Cobalah tidur dengan waktu yang ideal untuk tubuh Anda dan selipkan waktu untuk tidur siang di sela-sela bekerja untuk meningkatkan kembali energi dan fokus Anda.

10. Luangkan Waktu untuk Jalan-jalan
Jangan pernah sepelekan manfaat jalan-jalan untuk kesehatan fisik dan mental. Berpergian dapat meningkatkan kebahagiaan dan meregangkan sejenak pikiran dari padatnya aktivitas dan deadline pekerjaan.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*