Perbedaan Cacar Monyet dan Cacar Air Biasa

Cacar monyet adalah penyakit virus langka yang ditemukan sebagian besar di negara-negara hutan hujan Afrika tengah dan barat.

Virus ini dapat menyebar ke manusia dari hewan yang terinfeksi melalui gigitan hewan atau kontak langsung dengan atau cairan tubuh Anda. Meskipun cacar monyet jauh lebih tidak menular daripada cacar air biasa, penyakit ini juga dapat menyebar dari orang ke orang melalui tetesan pernapasan yang besar atau dengan menyentuh cairan tubuh orang yang sakit atau benda-benda seperti tempat tidur atau pakaian yang terkontaminasi dengan virus.

Cacar monyet pertama kali ditemukan pada tahun 1958, ketika dua wabah penyakit seperti cacar terjadi di koloni kera yang disimpan untuk penelitian, oleh karena itu cacar ini diberi nama cacar monyet atau monkeypox. Kasus yang terjadi pada manusia pertama dari cacar monyet dicatat pada tahun 1970 di Republik Demokratik Kongo.

Apa yang membedakan cacar air dan cacar monyet?

  • Virus varicella merupakan virus yang menyebabkan cacar air. Jika Anda menderita cacar air, Anda akan mendapatkan lepuh gatal di tubuh (yang akhirnya menjadi keropeng atau koreng), bersama dengan gejala lain seperti demam dan kelelahan. Biasanya gejala ini berlangsung sekitar 5 hingga 7 hari.
  • Virus monkeypox merupakan virus yang menyebabkan cacar monyet. Cacar monyet biasanya secara klinis menunjukkan demam, ruam dan pembengkakan kelenjar getah bening pada Anda.

Virus monkeypox sebagian besar ditularkan kepada orang-orang dari hewan liar seperti tikus dan primata.

  • Luka pada cacar air muncul pada waktu yang berbeda di daerah yang berbeda. Biasanya luka akan muncul sebagian besar di perut, dada, dan punggung, dan jarang di telapak tangan atau telapak kaki Anda.
  • Luka pada cacar monyet muncul di seluruh tubuh pada saat yang sama (kebanyakan di wajah, lengan, dan kaki, dan kadang-kadang di telapak tangan dan kaki) dan semuanya tampak sama.
  • Menurut WHO, sampai saat ini masih belum tersedia perawatan khusus atau vaksin yang tersedia untuk infeksi cacar monyet. Tapi, wabah ini dapat dipindahkan dengan segera setelah ditangani oleh orang yang terinfeksi.

Sementara itu, cacar air dapat sembuh dalam kurun waktu satu atau dua minggu tanpa perawatan khusus. Tidak ada obat khusus yang dapat menghentikan virus cacar air. Dokter Anda biasanya akan memberikan obat untuk menghilangkan masalah dan rasa tidak nyaman karena cacar.

Tags: ,

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*