Kiat Menyusun Karier Sebagai Persiapan Rencana Masa Depan

rencana masa depan harus dipertimbangkan secara matang dan bertanggung jawab.

Secara harfiah yang telah dicatat Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), karier adalah pekerjaan yang memberikan harapan untuk maju. Maju yang dimaksud bisa berarti apa saja di dalam kehidupan masing-masing. Namun, semuanya bermuara di kesuksesan pada masa yang akan datang. Oleh karenanya, untuk mendapat penghidupan yang layak pada hari mendatang, kita harus menyusun karier dari sekarang dalam rangka persiapan rencana masa depan.

Sukses dalam karier identik dengan kesejahteraan. Namun, untuk menggapai impian seperti yang diinginkan, kita membutuhkan pengetahuan dan perencanaan karier yang tepat. Masalahnya, tidak semua orang paham bagaimana cara merencanakan karier yang baik. Mereka menginginkan sukses dalam berkarier, tetapi kadang tak paham cara meraihnya. 

Oleh karenanya, untuk memudahkan perencanaan karier, di bawah ini terdapat beberapa langkah menyusun karier agar membantu Anda dalam persiapan rencana masa depan. Apa saja, berikut di antaranya:

  1. Kenali Diri Sendiri

Memetakan kekuatan dan kelemahan diri sendiri memang tidak mudah, malah kadang orang lain lebih paham tentang diri kita. Untuk bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, kita harus mulai berefleksi dengan objektif. Hal ini bisa dimulai lewat meminta pendapat dari beberapa teman dekat. Catatlah hal-hal yang mereka ungkap mengenai kekuatan dan kelemahan diri Anda.

Walaupun pendapat teman yang Anda mintai masukan tidak sesuai dengan keyakinan, tampung saja semuanya. Andalah yang harus mengambil peran lebih banyak untuk mengenal kekuatan dan kelemahan karena seharusnya Anda adalah orang yang paling mengerti diri.

  1. Setelah Mengenali Diri, Mulailah Susun Visi dan Misi

Untuk menyusun visi dan misi karier demi rencana masa depan, Anda bisa memulainya dari mimpi yang ingin diraih.  Merujuk pada ulasan Cambridge Dictionary, visi adalah pandangan masa depan (view of the future). Jadi jika ingin membuat visi maka harus bisa membayangkan diri  pada masa yang akan datang, 5 sampai 10 tahun ke depan.

Jika masih bingung membuat visi, coba ikuti cara berikut ini:

  • Tanyakan kepada diri apa yang Anda inginkan di masa mendatang.
  • Bayangkan akan menjadi apa diri Anda beberapa tahun ke depan.
  • Jika masih susah membayangkan sampai 5 tahun atau 10 tahun, mulailah dengan visi 2 sampai 3 tahun.

Visi dan misi ini amatlah penting dalam rangka perencanaan karier. Pasalnya hal itu bisa menjadi semacam panduan untuk memudahkan langkah Anda. Kendati demikian, Anda harus jeli dalam membuat visi dan misi. Keduanya harus spesifik dan sesuai dengan sumber daya yang Anda miliki, pun setelah itu Anda pun perlu untuk mengujinya agar benar-benar sesuai dengan diri Anda.

  1. Tinjau Kembali Setiap Fase yang Sudah Dilewati

Dalam bekerja atau beraktifitas, kegagalan dan keberhasilan adalah sesuatu yang amat biasa. Keduanya bisa menjadi hal baik, tergantung bagaimana pemaknaan kita. Jadikan keberhasilan sebagai sebuah kebiasaan yang membanggakan. Setiap ada kegagalan, evaluasi sejenak dan segera lupakan. Buat satu “jeda” dalam satu fase yang telah Anda lewati, gunakan kesempatan itu untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh.

  1. Fokus dan Tingkatkan Kualitas Diri

Keterampilan biasanya sejalan dengan minat. Tak ada salahnya memetakan keterampilan yang Anda kuasai untuk merencanakan masa depan dengan lebih baik. Keterampilan tidak perlu banyak-banyak, yang penting ahli di satu bidang yang diminati dan dalami betul-betul keterampilan itu.

Dengan mencatat dan mengetahui keterampilan yang dikuasai, kita dapat menyesuaikan jenis pekerjaan yang berhubungan dengan keterampilan tersebut. Perencanaan karier juga lebih mudah dilakukan karena tidak terbatas dengan satu jenis pekerjaan saja.

  1. Disiplin dan Bertanggung Jawab

Banyak orang gagal karena tidak disiplin dalam menjalankan rencana yang sudah dibuat. Sebuah perencanaan yang matang dan detail tidak akan berarti apa-apa tanpa adanya eksekusi. Selain berdisiplin dalam menjalankan rencana masa depan yang sudah Anda susun, Anda juga harus bertanggung jawab.

Selain itu, untuk mempermudah langkah Anda, ada sebuah metode menggapai kesuksesan yang dikenal dengan “Metode SMART”. Metode ini digadang-gadang akan banyak membantu memberikan panduan bagaimana membuat sebuah perencanaan karier yang tepat.

Metode SMART adalah suatu konsep yang digunakan pertama kali digunakan oleh George T. Doran pada tahun 1981. George T Doran adalah seorang konsultan dan mantan direktur perencana perusahaan untuk salah satu perusahaan tenaga air di Washington, Amerika Serikat. SMART adalah singkatan, yang mana masing-masing hurufnya mewakili satu sifat, yaitu Specific, Measureable, Achievable, Realistic, dan Time-bound. Metode ini banyak digunakan dalam perencanaan karier karena lebih spesifik, dapat dicapai, realistis, dan memiliki tenggat waktu dalam pencapaian tujuan.

Kira-kira itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mulai menyiapkan karier demi rencana masa depan yang lebih baik. Satu-satunya waktu yang Anda miliki adalah saat ini. Oleh karenanya, jangan tunda kesuksesan itu. Mulailah sekarang juga!

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*