Ini Kelebihan Introvert yang Jarang Diketahui

Setiap orang memiliki sikap yang berbeda dalam menjalani berbagai aktivitas sehari-hari. Sikap ini ditentukan oleh kepribadian yang dimiliki. Terkadang, orang dengan kepribadian introvert lebih tertutup dibandingkan kaum extrovert. Akan tetapi, selain itu, ada juga kelebihan introvert yang mungkin jarang diketahui oleh banyak orang.

kelebihan introvert

Introvert merupakan ciri kepribadian yang ditandai dengan fokus terhadap perasaan internal dari pada pengaruh-pengaruh eksternal. Kepribadian ini sering dipasangkan dengan kepribadian ekstrovert karena memiliki karakteristik yang sangat bertolak belakang.  

Kelebihan introvert yang jarang diketahui

Sebagian orang memandang introvert sebagai pribadi yang tertutup dan pendiam. Padahal, introvert tidak bisa digambarkan hanya dengan menggunakan dua kata tersebut. Layaknya kepribadian extrovert, ada banyak kelebihan introvert lainnya yang tidak ditemukan pada kaum extrovert. Kelebihan tersebut antara lain:

  • Memiliki pemikiran yang out of the box

Kaum introvert lebih sering digolongkan sebagai orang-orang yang kreatif. Hal ini didorong oleh kemampuan mereka untuk berpikir secara out of the box atau berpikir kreatif.

Dibandingkan dengan mengikuti aturan atau karya yang sudah pasaran di masyarakat, orang dengan kepribadian introvert lebih memilih untuk membuat sesuatu yang baru seorang diri. Contohnya, tokoh-tokoh terkenal seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg, dan Steve Wozniak adalah tipe orang dengan kepribadian introvert.

  • Memperhatikan banyak hal

Orang dengan kepribadian introvert biasanya lebih teliti pada detail. Hal ini mungkin terjadi karena Anda tidak banyak berbicara atau beraktivitas seperti kaum extrovert, sehingga lebih memperhatikan banyak hal, membuat Anda lebih peka.

Beberapa profesi yang memerlukan kreativitas dan kemampuan problem solving cocok ditekuni oleh orang dengan kepribadian introvert. Contohnya seperti penulis, musisi, seniman, ilmuwan, dan penemu.

  • Mengeluarkan pendapat yang penting

Pada dasarnya, kaum introvert bukanlah orang yang terlalu banyak bicara. Akan tetapi, begitu Anda membuka mulut, Anda pasti akan mengeluarkan pendapat yang cukup penting dan krusial.

Setelah memperhatikan detail dan memikirkan sesuatu dengan matang, introvert akan bersuara dan menyampaikan pendapatnya. Pendapat itu pasti relevan dan lebih serius, sehingga tidak membuang-buang waktu pada situasi penting.

  • Menjadi teman dan pendengar yang baik

Sudah menjadi fakta umum bahwa kaum introvert biasanya memiliki lingkaran pertemanan yang lebih kecil. Akan tetapi, Anda pasti memiliki hubungan yang erat dengan seluruh teman dalam lingkaran kecil tersebut.

Hal ini secara tidak langsung juga terpengaruh oleh kemampuan introvert untuk menjadi pendengar yang baik. Karena tidak banyak bicara, orang dengan kepribadian introvert lebih sering mendengarkan, menjadikan mereka pendengar yang baik.

  • Melakukan lebih banyak aksi nyata

Ketimbang membicarakan dan merencanakan berbagai macam ide, orang berkepribadian introvert lebih sering melakukan aksi nyata melalui eksekusi. Hal ini menjadi salah satu kelebihan introvert yang tidak selalu diketahui oleh orang banyak.

Introvert bisa memikirkan ide yang kreatif, merencanakannya, sekaligus mengeksekusinya. Segala hal dilakukan dengan terperinci dan mendetail, sehingga kemungkinan untuk mencapai kesuksesan melalui aksi tersebut lebih besar.

  • Mandiri dan independen

Sebagian besar kaum introvert memiliki sikap yang lebih mandiri dan independen. Dengan kata lain, Anda bisa menyelesaikan berbagai hal seorang diri tanpa bantuan dari orang lain. Selain itu, Anda juga tidak perlu menerima pujian atau dilihat oleh orang lain.

Di satu sisi, ini menjadikan introvert memiliki kelebihan karena bisa bekerja efektif dengan cepat meski tidak di bawah pengawasan. Di sisi lain, ini juga bisa menjadi kekurangan bila mereka harus bekerja secara tim.

Itulah kelebihan introvert yang mungkin tidak banyak orang ketahui. Meski terdapat sejumlah kelebihan, tentunya kepribadian introvert juga tidak terlepas dari sejumlah kelemahan.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*