Manfaat dan Risiko Transfusi Darah

Transfusi darah bisa diberikan saat operasi bila dibutuhkan

Transfusi darah adalah sebuah proses dalam menyalurkan darah ke tubuhmu. Langkah ini dilakukan untuk pasien yang sedang mengalami kekurangan darah. Di Indonesia, kegiatan transfusi darah dikelola oleh Palang Merah Indonesia (PMI). Organisasi ini menghimpun kantong-kantong darah dari para pendonor, kemudian mendistribusikannya ke rumah sakit atau lokasi-lokasi yang membutuhkan pasokan darah.

Sebelum didistribusikan, PMI akan melakukan analisis pemeriksaan serologi guna menguji kelayakan darah agar terbebas dari penyakit. Setelah itu, PMI juga akan melakukan pemisahan komponen darah yakni sel darah merah, sel darah putih, trombosit dan plasma, tergantung jenis darah yang dibutuhkan.

Proses transfusi darah biasanya berlangsung satu hingga empat jam tergantung komposisi darah yang terima dan berapa banyak darah yang kamu butuhkan. Sebelum transfusi, golongan darah dan status rhesus (Rh) pendonor dan penerima darah akan dicocokkan terlebih dahulu.

Manfaat transfusi darah

Bagi kamu yang mengalami kondisi yang berhubungan dengan kekurangan darah pasti setuju dengan ungkapan “setetes darah begitu berharga”. Apa saja kondisi yang bisa tertolong dengan transfusi darah?

  • Kekurangan darah akibat melahirkan

Ada beberapa wanita yang mengalami pendarahan hebat setelah melahirkan atau sering disebut pendarahan postpartum. Kondisi ini bisa menyebabkan anemia (kekurangan sel darah merah) dan memicu kematian. Transfusi sel darah merah dibutuhkan untuk kondisi ini.

Menjalani operasi. Saat operasi, kamu mungkin kehilangan banyak darah yang mengakibatkan penurunan jumlah sel darah merah.

  • Infeksi dan luka bakar

Transfusi plasma darah mungkin diperlukan untuk mengatasi kondisi luka bakar yang luas. Pada infeksi berat atau sepsis juga terkadang perlu mendapatkan transfusi darah.

  • Menderita kanker

Kanker bisa menurunkan produksi sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit dalam tubuhmu. Hal itu diperparah pula oleh obat-obatan yang digunakan dalam kemoterapi. Obat kemoterapi bisa juga menurunkan produksi darah.

  • Gagal atau kerusakan hati yang parah

Penderita gagal hati mungkin memerlukan transfusi plasma darah, terlebih jika produksi zat pembekuan darah di dalam tubuh sudah terganggu.

  • Kelainan darah

Penderita kelainan darah dan pasien yang menjalani pengobatan transplantasi sel induk, mungkin akan membutuhkan transfusi sel darah merah dan trombosit.

  • Pengidap thalasemia

Thalasemia adalah kondisi di mana penderitanya mengalami gangguan pada hemoglobin dalam sel darah merah. Jika kondisi sudah parah, penderita mungkin akan memerlukan transfusi darah secara rutin.

Apa Saja Risiko yang Akan Terjadi?

Umumnya, jika dilakukan sesuai prosedur, transfusi darah jarang mengakibatkan komplikasi. Namun tetap ada risiko di balik langkah medis ini.

  • Demam

Reaksi demam bisa terjadi dengan cepat selama atau setelah transfusi dilakukan. Umumnya, ini bukan pertanda serius. Namun, ada pula beberapa reaksi serius yang ditandai oleh demam. Untuk berjaga-jaga, dokter akan menghentikan transfusi untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

  • Alergi

Ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap protein atau zat lain dalam darah yang kamu terima. Reaksi ini biasanya terjadi cepat selama atau setelah transfusi. Kamu akan merasakan gejala-gejala alergi yang umum, seperti kulit kemerahan.

  • Infeksi

Sebelum mendonorkan darah, setiap orang pasti diperiksa jika dia menderita infeksi yang mungkin ditularkan melalui darah. Walau demikian, kadang bisa terjadi kesalahan dan darah yang terkontaminasi itu lolos pemeriksaan. Contohnya, 1 dari 2 juta transfusi darah terkontaminasi virus HIV dan sekitar 1 dari 205 ribu terkontaminasi virus hepatitis B.

  • Kerusakan paru

Kondisi ketika paru-parumu akan meradang dalam waktu enam jam usai transfusi. Jika peradangan yang terjadi parah, kerusakan paru-paru bisa membuatmu sulit bernapas. Dan akan berpotensi menyebabkan kekurangan oksigen.

  • Kelebihan cairan

Kondisi ini bisa menyebabkan jantung tidak mampu memompa cukup darah ke seluruh tubuh. Sesak napas juga bisa terjadi akibat paru-paru dipenuhi oleh cairan. Risiko kelebihan cairan lebih tinggi pada orang lanjut usia yang memiliki penyakit serius, seperti penyakit jantung.

  • Kelebihan zat besi

Transfusi darah bisa memicu kelebihan zat besi dalam darahmu. Hal ini bisa berdampak buruk pada organ tertentu, seperti hati dan

  • Penyakit graft-versus-host.

Kondisi ini terjadi akibat sel darah putih yang diterima menyerang jaringan sumsum tulang dan jaringan tubuh penerima darah. Kondisi ini sering kali berakibat fatal dan menimbulkan gejala seperti diare, ruam dan demam. Penderita kondisi ini juga mengalami gangguan pada hati yang bisa diketahui melalui tes fungsi hati.

Kebanyakan orang tidak mengalami masalah saat menerima transfusi darah. Namun, jika kamu merasa terjadi perubahan kondisi pada tubuh, terutama saat proses berlangsung, segera beritahu dokter. Pastikan juga transfusi darah dilakukan di rumah sakit dan di bawah anjuran serta pengawasan dokter.

Read More

Ragam Resep Diet dengan Bahan Utama Acai Berry

Mungkin kita sudah tidak asing dengan beri-berian. Yang umum dan populer mulai dari stroberi, bluberi, hingga kranberi. Beri dikenal sebagai buah yang kaya akan manfaat. Nutrisi yang terkandung di dalamnya dinilai baik bagi tubuh. Satu lagi jenis beri yang memenuhi kriteria itu adalah acai berry.

Acai berry adalah buah yang mirip seperti anggur. Memiliki warna gelap, buah ini berasal dari tumbuhan acai. Tumbuhan ini banyak dijumpai di Amerika Selatan, khususnya negara Brasil.

Diyakini buah ini rendah gula, sehingga banyak dari mereka yang menjalani gaya hidup sehat dengan serangkaian dietnya, memanfaatkan buah ini sebagai menu andalan mereka. Acai berry ini menjadi favorit lantaran bersifat fleksibel. Artinya, tidak ada batasan dalam memadu-padankan buah ini dengan berbagai macam toping.

Acai digandrungi lantaran kaya akan antioksidan, mineral, vitamin (Vitamin C untuk produksi kolagen dan kerusakan radikal bebas), dan lemak sehat (untuk elastisitas kulit, retensi kelembaban, dan hormon sehat) produksi). Selain itu, acai berry mengandung zat anti-inflamasi , manfaat  penurun kolesterol , dan manfaat anti-kanker seperti halnya banyak buah dan sayuran lainnya.

Untuk memanfaatkannya, Anda bisa menggunakan acai berry utuh dalam bentuk buah, atau produk olahannya yang bentuknya bubuk atau semacam pulp. Anda bisa mendapatkannya di supermarket ataupun di toko-toko daring. Nah, sebagai panduan, di bawah ini ada tiga resep makanan diet populer yang berbahan dasar acai berry:

  • Tropical Acai Mix

Semangkuk smoothies ini bisa memberikan sensasi segar di tengah cuaca panas Indonesia dengan perpaduan toping buah-buahan di atasnya. Di resep kali ini, dibutuhkan kiwi, mangga, dan nanas untu dipadu-padankan dengan acai berry yang kaya nutrisi.

Bahan-bahan:

  • 1 sendok makan bubuk acai berry
  • 1 buah pisang
  • 1/4 gelas santan
  • Potongan nanas, secukupnya
  • 1 buah kiwi, iris tipis
  • Potongan mangga, secukupnya
  • 1/4 gelas granola
  • 1 sendok makan biji hemp

Cara membuat:

  1. Masukkan ke dalam blender pisang, bubuk acai berry, dan santan. Blender sampai halus dan dirasa cukup.
  2. Tuang “Acai Mix” ke dalam mangkuk dan tambahkan bahan-bahan lain sebagai toping di atasnya.
  3. Nikmati segera
  • Acai Berry Bowl

Meski sama-sama smoothies, tetapi resep satu ini tidak menggunakan buah-buahan sebagai topingnya. Gantinya, menu diet ini menggunakan bayam sebagai pelengkap nutrisi yang didapatkan dari acai berry.

Bahan-bahan:

  • 1 bungkus acai berry bubuk (merek apa saja)
  • 2 genggam bayam organik
  • 1 buah pisang
  • 1/2 gelas santan
  • 2 sendok makan chia seeds (rendam di santan terlebih dahulu)
  • Kayu manis, secukupnya
  • Es secukupnya.

Cara membuat:

Cara membuatnya cukup mudah, Anda hanya perlu memasukkan seluruh bahan ke dalam blender dan mencampur semuanya sampai halus. Tekstur yang diharapkan adalah kental, halus, dan tebal mengembang. Jika dirasa sudah pas, tuang ke mangkuk dan siap dinikmati.

  • Acai Magic Shell

Ini adalah makanan diet yang dapat dikombinasikan dengan bahan atau makanan lain yang menggugah selera, seperti es krim misalnya. Langsung saja, ini dia resepnya:

Bahan-bahan:

  • 2 sendok makan bubuk acai berry
  • 2 sendik makan bubuk coklat mentah atau tanpa pemanis
  • 1/4 gelas minyak kelapa
  • 2 sendok makan sirup maple or madu
  • Sejumput garam

Cara membuat:

Cukup campur seluruh bahan di dalam wadah. Ketika semuanya sudah tercampur dan mendapatkan tekstur yang diinginkan, gunakan dia sebagai toping atau saus di atas es krim, pai, waffle, atau panekuk sesuai selera.

***

Itulah dia tiga resep andalan untuk memanfaatkan acai berry sebagai menu diet yang mudah dibuat serta memiliki rasa yang enak. Resep-resep tersebut bisa Anda coba dalam segala situasi. Namun, akan lebih cocok jika digunakan untuk mengawali hari sebagai menu sarapan.

Yang terpenting, acai berry di sana bisa masuk ke dalam tubuh Anda sebagai tambahan nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Read More

Spermatozoa yang Sehat Berpengaruh Pada Kesuburan

Istilah sperma mungkin tidak asing lagi bagi Anda, terutama pria. Dalam perkembangannya sel sperma tersebut akan menjadi spermatozoa, apakah itu?

Spermatozoa merupakan sel sperma dewasa yang terdiri dari kepala, badan, dan ekor dengan panjang kurang lebih 0,05 milimeter. Nah, dibutuhkan spermatozoa yang sehat bila Anda ingin memiliki keturunan. Sebab di dalam kepala spermatozoa, terdapat kapsul genetik yang mengandung 23 kromosom penting untuk pembentukan zigot organisme, atau dalam istilah awam disebut janin.

Proses pembuahan juga hanya bisa terjadi jika spermatozoa berhasil mencapai sel telur. Untuk berenang mencapai sel telur, spermatozoa memanfaatkan energi yang dihasilkan oleh mitokondria pada badan spermatozoa itu sendiri. Sementara ekor yang terbuat dari benang protein juga turut berperan memberi tenaga kepada sperma untuk keluar dari cairan mani dan berenang menuju sel telur.

Karena peranannya yang penting dalam sistem reproduksi, maka pria sebaiknya memastikan bahwa organ reproduksinya menghasilkan spermatozoa yang sehat.

Tanda spermatozoa yang sehat

Peran spermatozoa yang sehat tak terbatas pada dapat membuahi sel telur, tetapi juga mendorong terjadinya kehamilan yang lancar. Risiko keguguran dan kelahiran bayi secara prematur menjadi lebih kecil bila sejak awal sperma yang membuahi sel telur sehat.

Spermatozoa yang sehat juga membuat embrio yang terbentuk lebih sehat pula. Kemungkinan janin mengalami cacat bawaan lebih kecil.

Apa saja sebetulnya yang menjadi tanda spermatozoa yang sehat? Kualitasnya dapat diukur dari hal-hal berikut ini.

Volume spermatozoa

Dalam keadaan normal, 1 mililiter semen yang dikeluarkan oleh pria mengandung 15 juta spermatozoa. Jumlah ini menjadi salah satu parameter spermatozoa yang sehat.

Volume atau kuantitas spermatozoa ini sudah pasti memengaruhi kemungkinan terjadinya kehamilan. Semakin banyak jumlah spermatozoa yang dikeluarkan, semakin besar kemungkinan untuk terjadinya pembuahan.

Bentuk spermatozoa

Setelah jumlah atau volumenya memadai, spermatozoa yang sehat juga dilihat dari bentuknya. Idealnya, spermatozoa memiliki kepala bulat dan ekor yang panjang. Bentuk tersebut akan memudahkan sel sperma berenang mendekati sel telur sehingga fertilisasi dapat terjadi.

Pergerakan spermatozoa

Tak hanya volume dan bentuknya, pergerakan spermatozoa pun sangat penting. Spermatozoa yang sehat rata-rata dapat bergerak sekitar 3 mm per menit. Sebagian dapat bergerak lebih aktif atau lebih cepat.

Abnormalitas pada spermatozoa

Sebelumnya, berulang kali disebut tentang spermatozoa yang sehat, artinya ada kondisi spermatozoa yang dianggap tidak sehat atau abnormal. Spermatozoa yang abnormal sering dikaitkan dengan gejala infertilitas.

Pria yang memiliki spermatozoa yang tidak sehat, umumnya sulit memiliki keturunan meskipun sudah berhubungan intim dengan wanita selama bertahun-tahun dan tanpa alat kontrasepsi.

Spermatozoa dapat menjadi abnormal karena penyakit keturunan, hormon yang tidak seimbang, atau penyempitan saluran sperma. Kondisi spermatozoa yang abnormal atau tidak sehat ini dapat dilihat dari beberapa gejala yang timbul, antara lain:

– Adanya disfungsi seksual, seperti kesulitan ejakulasi, cairan yang dikeluarkan saat ejakulasi sedikit, penurunan birahi, dan disfungsi ereksi.

– Jumlah sel sperma kurang dari 15 juta per mililiter semen.

– Pembengkakan testis.

– Gangguan hormon pria, salah satu tandanya pertumbuhan rambut badan berkurang.

– Terjadi ginekomastia atau pertumbuhan payudara.

– Ada masalah pernapasan berulang dan tidak mampu mencium bau.

Tentu Anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui kondisi spermatozoa sehat atau tidak. Apabila diketahui spermatozoa dalam keadaan kurang baik, maka dokter akan memberikan langkah-langkah perawatan yang sesuai.

Read More

Selain Manfaat Jiu-jitsu, Berikut 5 Fakta soal Bela Diri Ini

Olahraga beladiri asal Jepang menjadi banyak pilihan masyarakat, khususnya perempuan. Gerakan-gerakannya yang lebih mengandalan gaya pertahanan membuat beladiri asal Jepang dinilai cocok sebagai jenis olahraga untuk mempertahankan diri, tidak terkecuali Jiu-jitsu.

Salah satu beladiri asal Negeri Sakura ini bahkan dipercaya memiliki segudang kelebihan dibandingkan jenis beladiri lainnya. Selain untuk membela diri, manfaat jiu-jitsu yang membuat banyak kaum hawa menggemari jenis bela diri adalah mampu merangsang kesegeran otak sehingga menghindari Anda dari serangan depresi.

Manfaat Jiu-jitsu ini pulalah yang membuat Anda tertarik untuk segera berlatih bela diri yang satu ini. Namun selain hanya berfokus pada manfaatnya, ada baiknya Anda mengetahui berbagai fakta dari olahraga bela diri Jepang yang satu ini.

Induk dari berbagai bela diri jepang

Coba perhatikan, rata-rata jenis bela diri Jepang selalu mengandalkan pertahanan, sama seperti manfaat Jiu-jitsu yang lebih mengarah pada perlindungan diri. Kemiripan pola bertarung yang lebih memfokuskan pada pertahanan ini karena pada dasarnya berbagai jenis bela diri tersebut terinsipirasi dari Jiu-jitsu.

Bisa dikatakan Jiu-jitsu adalah induk dari berbagai jenis bela diri jepang. Mau itu kenpo, judo, aikido, maupun hapkido, semuanya mengambil teknik pertahanan utama dari jiu-jitsu. Di mana teknik pertahanan tersebut dapat menang dengan memanfaatkan cela serangan balik dari kekuatan lawan.

Gerakan dikembangkan Imigran China 

Gerakan-gerakan dasar Jiu-jitsu mulai dikembangkan pada abad ke-16 oleh para samurai Jepang. Bela diri ini menjadi pengganti penggunaan senjata dalam perang yang mulai dilarang. Namun saat itu, gerakan Jiu-jitsu masih terbatas pada gerakan merebut, belum sebanyak gerakan Jiu-jitsu seperti saat ini. Manfaat Jiu-jitsu sebagai perlawanan diri pun belum tampak dari gerakan-gerakan awal yang dikembangkan para samurai.

Gerakan Jiu-jitsu semakin bervariasi dan sudah mengarah pada pertahanan dan pertarungan tubuh terjadi pasca tahun 1700-an. Saat itu, seorang imigran dari China mengembangkan berbagai gerakan untuk Jiu-jitsu. Sumber dari gerakan Jiu-jitsu yang lebih beraneka tersebut terinspirasi dari gerakan kungfu China.

Mengambil analogi pohon bambu

Pada dasarnya tiap gerakan dari seni bela diri Jiu-jitsu mengambil analogi pohon bambu. Pohon bambu dinilai bisa menggambarkan bahwa untuk bisa mempertahankan diri tidak melulu harus menjadi yang terkuat, melainkan harus mampu memanfaatkan celah dengan mengandalkan kelenturan.

Karena itu, tidak heran jika gerakan-gerakan Jiu-jitsu rata-rata lebih mengarah pada gerakan seperti mengelak dengan langkah yang cepat dan badan yang lentur. Hingga pada momen yang tepat, Anda bisa memanfaatkan kekuatan lawan untuk melakukan serangan balik yang lebih berefek. Ini sama seperti pohon bambu yang sangat lentur sehingga mampu menghasilkan daya hempas yang berbahaya pada kondisi tertentu.

Seragam lambang kesederhanaan

Dalam seni bela diri Jiu-jitsu, seragam yang dipakai oleh petarungnya adalah jubah putih polos tanpa aksen apapun. Untuk kondisi tertentu, terkadang digunakan jubah hitam, namun tetap tidak ada aksen dalam seragam tersebut.

Seragam-seragam yang digunakan oleh para petaru Jiu-jitsu ini sebenarnya melambangkan keserhanaan. Di mana para petarung yang mengandalkan teknik Jiu-jitsu diharapkan tetap sederhana dan menaruh rasa hormat kepada siapapun, tidak terkecuali terhadap lawannya. Dengan demikian, manfaat Jiu-jitsu sebagai bela diri yang mendewasakan dan mempertahankan diri bisa lebih terasa.

Sudah disertakan dalam turnamen internasional 

Mulanya seni bela diri asal Jepang ini memang hanya diperuntukkan untuk pertarungan, tanpa embel-embel medali. Walaupun memang tidak lama setelah perkembangannya, mulai ada tingkatan keahlian untuk  para petarung yang mempelajari Jiu-jitsu.

Akan tetapi, saat ini jiu-Jitsu semakin tenar dan sudah diikutkan dalam berbagai turnamen internasional. Beberapa turnamen internasional yang sudah mengikutkan jiu-Jitsu dalam kompetisinya antara lain Asian Games dan Olimpiade.

***

Jadi selain manfaat Jiu-jitsu yang cukup banyak, berbagai fakta seni bela diri dari Jepang ini juga semakin membuat Anda tertarik belajar olahraga yang satu ini, bukan?

Read More

Diet Food Combining

Diet food combining adalah pola makan dengan mengklasifikasikan makanan tertentu untuk dikonsumsi

Ada berbagai makanan sehat yang dapat manusia coba jika ingin diet. Tidak hanya berbagai pilihan makanan, namun ada cara yang dapat dilakukan untuk menjaga pola makan yang teratur. Cara tersebut adalah diet food combining atau diet dengan kombinasi makanan tertentu.

Yang dimaksud dengan diet food combining adalah diet yang dilakukan dengan menggabung jenis makanan sehat dengan yang lain. Seseorang yang menerapkan pola ini juga perlu pahami bahwa mereka tidak asal memilih makanan, karena jika dicampurkan dengan makanan yang kurang cocok dapat menimbulkan masalah pada kesehatan.

Diet food combining pertama kali diterapkan di India sebagai obat tradisional Ayurveda. Diet food combining kemudian menjadi populer pada 1800an dan dikenal sebagai “trophology,” yang artinya sains menggabung makanan. Diet food combining juga diterapkan pada awal 1900an, melalui diet Hay dan telah menjadi praktik dasar diet modern.

Kategori Diet Food Combining

Diet food combining juga diterapkan dalam kategori tertentu. Setiap makanan diterapkan berdasarkan makanan bergizi seperti karbohidrat, buah-buahan, sayuran, protein, dan lemak. Manusia juga menerapkan pola diet food combining berdasarkan tingkat asam, basa, atau netral.

Secara umum diet food combining diterapkan melalui dua kategori. Kedua kategori yang diterapkan adalah sebagai berikut:

  1. Berdasarkan enzim dan keasaman

Orang-orang percaya jika mereka menerapkan diet food combining, mereka perlu menggabungkan makanan dengan enzim yang berbeda untuk dicerna, karena memiliki tingkat keasaman yang berbeda. Namun, tubuh akan kesulitan mencerna jika makanan-makanan yang dikombinasikan terdapat tingkat keasaman yang berbeda.

  1. Berdasarkan kecepatan pencernaan

Orang-orang juga yakin bahwa mereka dapat melakukan diet food combining berdasarkan kecepatan pencernaan. Setiap makanan bisa dicerna dengan cepat, namun juga ada yang dicerna dengan lambat, tergantung porsi yang dikonsumsi. Jika seseorang menggabungkan makanan yang dicerna dengan cepat dan lambat, maka akan menimbulkan masalah pada sistem pencernaan.

Contoh Diet Food Combining

Berikut adalah contoh pola makan yang umum yang dapat manusia coba jika ingin melakukan diet food combining:

  • Manusia sebaiknya konsumsi buah ketika perut kosong.
  • Manusia sebaiknya jangan kombinasikan pati dengan protein atau makanan yang memiliki tingkat asam yang tinggi seperti makanan berproses.
  • Manusia juga jangan gabungkan berbagai jenis makanan yang mengandung protein.
  • Manusia sebaiknya konsumsi susu saat perut kosong.
  • Manusia jangan mencampur makanan yang mengandung protein dengan lemak.
  • Manusia sebaiknya jangan konsumsi buah-buahan dan sayuran secara bersamaan.

Fakta Tentang Diet Food Combining

Diet food combining memiliki klaim yang berkaitan dengan gizi makanan dan makanan yang digolongkan dalam asam atau basa. Berikut adalah fakta mengenai klaim tersebut:

  1. Gizi makanan

Salah satu kriteria yang harus dipenuhi diet food combining adalah jangan konsumsi makanan yang mengandung banyak gizi, karena tubuh manusia siap mencerna makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, dan protein secukupnya.

  1. Makanan yang mengandung asam atau basa

Prinsip lain yang perlu dipahami orang tentang diet food combining adalah kombinasi makanan yang salah dapat mempengaruhi keasaman dan enzim pada pencernaan. Tubuh selalu mencari cara agar mendapatkan jumlah keasaman yang tepat pada pencernaan.

Penelitian Antara Diet Seimbang dan Diet Food Combining

Menurut jurnal International Journal of Obesity and Related Metabolic Disorders, sebuah penelitian telah dilakukan yang menunjukkan sejumlah partisipan yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu yang melakukan diet seimbang dan yang melakukan diet food combining.
Semua partisipan dibatasi dengan jumlah kalori maksimal sebesar 1.100 kalori per hari. Setelah menjalankan studi selama 6 minggu, semua partisipan telah menurunkan berat badan sebanyak 6 hingga 8 kg. Tes tersebut dapat disimpulkan bahwa diet seimbang dan diet food combining tidak memberikan manfaat yang berbeda bagi tubuh.

Read More

Kiat Menyusun Karier Sebagai Persiapan Rencana Masa Depan

rencana masa depan harus dipertimbangkan secara matang dan bertanggung jawab.

Secara harfiah yang telah dicatat Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), karier adalah pekerjaan yang memberikan harapan untuk maju. Maju yang dimaksud bisa berarti apa saja di dalam kehidupan masing-masing. Namun, semuanya bermuara di kesuksesan pada masa yang akan datang. Oleh karenanya, untuk mendapat penghidupan yang layak pada hari mendatang, kita harus menyusun karier dari sekarang dalam rangka persiapan rencana masa depan.

Sukses dalam karier identik dengan kesejahteraan. Namun, untuk menggapai impian seperti yang diinginkan, kita membutuhkan pengetahuan dan perencanaan karier yang tepat. Masalahnya, tidak semua orang paham bagaimana cara merencanakan karier yang baik. Mereka menginginkan sukses dalam berkarier, tetapi kadang tak paham cara meraihnya. 

Oleh karenanya, untuk memudahkan perencanaan karier, di bawah ini terdapat beberapa langkah menyusun karier agar membantu Anda dalam persiapan rencana masa depan. Apa saja, berikut di antaranya:

  1. Kenali Diri Sendiri

Memetakan kekuatan dan kelemahan diri sendiri memang tidak mudah, malah kadang orang lain lebih paham tentang diri kita. Untuk bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, kita harus mulai berefleksi dengan objektif. Hal ini bisa dimulai lewat meminta pendapat dari beberapa teman dekat. Catatlah hal-hal yang mereka ungkap mengenai kekuatan dan kelemahan diri Anda.

Walaupun pendapat teman yang Anda mintai masukan tidak sesuai dengan keyakinan, tampung saja semuanya. Andalah yang harus mengambil peran lebih banyak untuk mengenal kekuatan dan kelemahan karena seharusnya Anda adalah orang yang paling mengerti diri.

  1. Setelah Mengenali Diri, Mulailah Susun Visi dan Misi

Untuk menyusun visi dan misi karier demi rencana masa depan, Anda bisa memulainya dari mimpi yang ingin diraih.  Merujuk pada ulasan Cambridge Dictionary, visi adalah pandangan masa depan (view of the future). Jadi jika ingin membuat visi maka harus bisa membayangkan diri  pada masa yang akan datang, 5 sampai 10 tahun ke depan.

Jika masih bingung membuat visi, coba ikuti cara berikut ini:

  • Tanyakan kepada diri apa yang Anda inginkan di masa mendatang.
  • Bayangkan akan menjadi apa diri Anda beberapa tahun ke depan.
  • Jika masih susah membayangkan sampai 5 tahun atau 10 tahun, mulailah dengan visi 2 sampai 3 tahun.

Visi dan misi ini amatlah penting dalam rangka perencanaan karier. Pasalnya hal itu bisa menjadi semacam panduan untuk memudahkan langkah Anda. Kendati demikian, Anda harus jeli dalam membuat visi dan misi. Keduanya harus spesifik dan sesuai dengan sumber daya yang Anda miliki, pun setelah itu Anda pun perlu untuk mengujinya agar benar-benar sesuai dengan diri Anda.

  1. Tinjau Kembali Setiap Fase yang Sudah Dilewati

Dalam bekerja atau beraktifitas, kegagalan dan keberhasilan adalah sesuatu yang amat biasa. Keduanya bisa menjadi hal baik, tergantung bagaimana pemaknaan kita. Jadikan keberhasilan sebagai sebuah kebiasaan yang membanggakan. Setiap ada kegagalan, evaluasi sejenak dan segera lupakan. Buat satu “jeda” dalam satu fase yang telah Anda lewati, gunakan kesempatan itu untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh.

  1. Fokus dan Tingkatkan Kualitas Diri

Keterampilan biasanya sejalan dengan minat. Tak ada salahnya memetakan keterampilan yang Anda kuasai untuk merencanakan masa depan dengan lebih baik. Keterampilan tidak perlu banyak-banyak, yang penting ahli di satu bidang yang diminati dan dalami betul-betul keterampilan itu.

Dengan mencatat dan mengetahui keterampilan yang dikuasai, kita dapat menyesuaikan jenis pekerjaan yang berhubungan dengan keterampilan tersebut. Perencanaan karier juga lebih mudah dilakukan karena tidak terbatas dengan satu jenis pekerjaan saja.

  1. Disiplin dan Bertanggung Jawab

Banyak orang gagal karena tidak disiplin dalam menjalankan rencana yang sudah dibuat. Sebuah perencanaan yang matang dan detail tidak akan berarti apa-apa tanpa adanya eksekusi. Selain berdisiplin dalam menjalankan rencana masa depan yang sudah Anda susun, Anda juga harus bertanggung jawab.

Selain itu, untuk mempermudah langkah Anda, ada sebuah metode menggapai kesuksesan yang dikenal dengan “Metode SMART”. Metode ini digadang-gadang akan banyak membantu memberikan panduan bagaimana membuat sebuah perencanaan karier yang tepat.

Metode SMART adalah suatu konsep yang digunakan pertama kali digunakan oleh George T. Doran pada tahun 1981. George T Doran adalah seorang konsultan dan mantan direktur perencana perusahaan untuk salah satu perusahaan tenaga air di Washington, Amerika Serikat. SMART adalah singkatan, yang mana masing-masing hurufnya mewakili satu sifat, yaitu Specific, Measureable, Achievable, Realistic, dan Time-bound. Metode ini banyak digunakan dalam perencanaan karier karena lebih spesifik, dapat dicapai, realistis, dan memiliki tenggat waktu dalam pencapaian tujuan.

Kira-kira itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mulai menyiapkan karier demi rencana masa depan yang lebih baik. Satu-satunya waktu yang Anda miliki adalah saat ini. Oleh karenanya, jangan tunda kesuksesan itu. Mulailah sekarang juga!

Read More

Hindari Minum Teh Setelah Makan

Apakah Anda termasuk orang yang suka makan dengan ditemani teh manis sebagai minuman pendampingnya? Apabila iya, kami memiliki kabar buruk untuk Anda. Menurut penelitian ternyata minum teh setelah makan sangat tidak dianjurkan. Ada beberapa jenis teh yang bisa Anda minum setelah makan, seperti teh hijau dan teh herbal, karena kandungan dan fungsinya yang dapat membantu pencernaan. Namun, teh pada umumnya akan memberikan efek samping apabila diminum setelah makan. Artikel ini akan efek samping apa saja yang dapat disebabkan akibat minum teh setelah makan dan kapan waktu yang tepat bagi Anda untuk minum teh.

Minum teh setelah makan sangat tidak dianjurkan karena zat tanin yang ada di dalam teh memiliki banyak efek samping. MIsalnya saja, tanin dapat menganggu penyerapan banyak zat mineral oleh tubuh seperti zinc, zat besi, dan kalsium. Tanin juga dapat memperlambat penyerapan mineral tersebut. Hal ini dapat menyebabkan tubuh menjadi kekurangan mineral, yang dapat memicu berbagai macam komplikasi kesehatan. Selain mengganggu penyerapan mineral, pada beberapa orang tanin dapat memicu konstipasi. Orang-orang yang menderita defisiensi mineral tersebut juga harus menghindari meminum teh pada waktu antara makan pagi, siang, dan malam.

Selain tanin, zat lain yang ada pada teh adalah kafein. Sudah menjadi rahasia umum bahwa mengonsumsi banyak kafein dapat membuat seseorang sulit tidur atau insomnia. Bagi mereka yang menderita radang perut, kafein berbahaya karena dapat memperparah kondisi kesehatan mereka. Selain itu, kafein dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung.

Kapan waktu terbaik minum teh?

Meskipun Anda tidak dianjurkan untuk minum teh setelah makan, teh memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan apaibila diminum pada waktu yang tepat. Namun perlu diingat waktu yang tepat untuk minum teh tergantung pada tujuan Anda meminum teh. Misalnya saja, apabila Anda ingin meningkatkan fokus dan konsentrasi di siang hari, Anda tidak bisa minum teh yang “ringan” dan lebih memilih teh yang mengandung kadar kafein lebih tinggi seperti teh hijau atau teh hitam.

Pada pagi hari, Anda ingin minum jenis teh yang kuat untuk memulai hari. Teh hitam seperti Earl Grey, Assam, dan Royal Breakfast mungkin bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin memulai hari. Pastikan sebelum minum teh Anda sudah minum segelas air putih terlebih dahulu. Ini penting untuk mencegah tingkat keasaman pada lambung semakin meningkat. Minum teh pada pagi hari juga dapat meningkatkan detak jantung yang sehat, sekaligus meningkatkan energi, fokus, dan fungsi otak. Apabila Anda tidak menyukai rasa teh hitam, campur dengan susu atau krim sesuai selera. Siang hari adalah masa saat Anda memiliki tingkat stres yang tinggi. Menikmati secangkir teh yang hangat penting untuk memberikan sifat tenang dan mengurangi stres. Teh yang memiliki sifat menenangkan contohnya teh Oolong. Teh jenis ini juga mengandung antioksidan, vitamin C, dan potassium yang memiliki manfaat kesehatan yang baik. Teh ini juga merupakan alternatif baik dibandingkan dengan kopi, karena memiliki kemampuan seperti kopi dalam meningkatkan energi tapa memberikan efek samping yang biasanya ada pada kopi (seperti kepala menjadi pusing dan tubuh gemetar). Meskipun demikian, apabila Anda ingin minum teh pada saat-saat tersebut di atas, pastikan Anda tidak minum teh setelah makan karena efeknya terhadap penyerapan nutrisi dan mineral saat tubuh mencerna makanan.

Read More

Perbedaan Cacar Monyet dan Cacar Air Biasa

Cacar monyet adalah penyakit virus langka yang ditemukan sebagian besar di negara-negara hutan hujan Afrika tengah dan barat.

Virus ini dapat menyebar ke manusia dari hewan yang terinfeksi melalui gigitan hewan atau kontak langsung dengan atau cairan tubuh Anda. Meskipun cacar monyet jauh lebih tidak menular daripada cacar air biasa, penyakit ini juga dapat menyebar dari orang ke orang melalui tetesan pernapasan yang besar atau dengan menyentuh cairan tubuh orang yang sakit atau benda-benda seperti tempat tidur atau pakaian yang terkontaminasi dengan virus.

Cacar monyet pertama kali ditemukan pada tahun 1958, ketika dua wabah penyakit seperti cacar terjadi di koloni kera yang disimpan untuk penelitian, oleh karena itu cacar ini diberi nama cacar monyet atau monkeypox. Kasus yang terjadi pada manusia pertama dari cacar monyet dicatat pada tahun 1970 di Republik Demokratik Kongo.

Apa yang membedakan cacar air dan cacar monyet?

  • Virus varicella merupakan virus yang menyebabkan cacar air. Jika Anda menderita cacar air, Anda akan mendapatkan lepuh gatal di tubuh (yang akhirnya menjadi keropeng atau koreng), bersama dengan gejala lain seperti demam dan kelelahan. Biasanya gejala ini berlangsung sekitar 5 hingga 7 hari.
  • Virus monkeypox merupakan virus yang menyebabkan cacar monyet. Cacar monyet biasanya secara klinis menunjukkan demam, ruam dan pembengkakan kelenjar getah bening pada Anda.

Virus monkeypox sebagian besar ditularkan kepada orang-orang dari hewan liar seperti tikus dan primata.

  • Luka pada cacar air muncul pada waktu yang berbeda di daerah yang berbeda. Biasanya luka akan muncul sebagian besar di perut, dada, dan punggung, dan jarang di telapak tangan atau telapak kaki Anda.
  • Luka pada cacar monyet muncul di seluruh tubuh pada saat yang sama (kebanyakan di wajah, lengan, dan kaki, dan kadang-kadang di telapak tangan dan kaki) dan semuanya tampak sama.
  • Menurut WHO, sampai saat ini masih belum tersedia perawatan khusus atau vaksin yang tersedia untuk infeksi cacar monyet. Tapi, wabah ini dapat dipindahkan dengan segera setelah ditangani oleh orang yang terinfeksi.

Sementara itu, cacar air dapat sembuh dalam kurun waktu satu atau dua minggu tanpa perawatan khusus. Tidak ada obat khusus yang dapat menghentikan virus cacar air. Dokter Anda biasanya akan memberikan obat untuk menghilangkan masalah dan rasa tidak nyaman karena cacar.

Read More

10 Resolusi Tahun Baru untuk Hidup Lebih Sehat yang Wajib Anda Coba

Tidak bisa dipungkiri, merancang sebuah resolusi merupakan hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Apalagi dengan menyelipkan segala mimpi dan idealisme dalam menjalani sebuah kehidupan. Namun, dalam tahap eksekusi, tidak sedikit yang merasa kesulitan dalam menjalani dengan konsisten setiap target dari resolusi yang telah dirancang. Meskipun begitu, bukan berarti resolusi adalah hal yang mustahil untuk dicapai. Berikut adalah contoh 10 resolusi tahun baru untuk hidup yang lebih sehat.


1. Menurunkan Berat Badan
Menurunkan berat badan adalah salah satu resolusi tahunan yang cukup banyak dimiliki orang-orang. Meskipun tingkat popularitas target ini tinggi, kesulitan untuk dapat konsisten dan berkomitmen kuat dalam melakukannya membuat target ini selalu gagal pada awal-awal pelaksanaan. Padahal, jika Anda tidak mengharapkan kesuksesan dalam waktu singkat dan fokus pada proses dan tiap progres kecil, Anda akan dapat mencapainya di waktu yang tepat sesuai usaha dan tingkat konsistensi Anda.

Target menurunkan berat badan ini bukan hanya sebagai bentuk keinginan mencapai bentuk tubuh yang ideal dan indah, melainkan juga sebagai impian menjalani hidup yang sehat dan terhindari dari beragam penyakit yang berisiko menjangkit orang dengan berat badan berlebih.

2. Menjaga Silaturahmi
Saat Anda merasa bahwa ada beberapa teman, kerabat, atau bahkan keluarga yang sudah cukup lama tidak tersapa, cobalah untuk kembali menjalin komunikasi. Akan lebih baik jika Anda meluangkan waktu di akhir pekan atau sepulang bekerja untuk sekadar menanyakan kabar dan berbincang ringan. Hal ini sangat baik untuk meningkatkan kesehatan dari sisi sosial dan kemanusiaan. Banyak berinteraksi dengan orang akan membangun empati dan komunikasi. Jangan hanya bergantung pada foto dan unggahan video yang ada di media sosial untuk mengetahui kabar dan kondisi seseorang.

3. Berhenti Merokok
Tidak perlu dipertanyakan lagi, merokok merupakan salah satu kebiasaan buruk yang berbahaya bagi kesehatan seseorang. Jika berhenti merokok selalu menjadi wacana yang tidak terealisasikan, cobalah untuk lebih fokus dan serius dalam membangun target tersebut tahun ini. Cobalah untuk berkonsultasi pada beberapa mantan perokok yang berhasil lepas dari ketergantungan pada rokok. Selain itu, Anda juga bisa mencoba cara lain dengan memikirkan uang yang dapat Anda alihkan dari hanya membeli rokok.

4. Menabung Lebih Banyak
Siapa bilang hidup sehat itu membutuhkan biaya yang besar? Sebaliknya, Anda malah dapat lebih bisa menyimpan uang lebih dengan menjalani kehidupan yang lebih teratur tanpa mengikuti dorongan dan tren masa kini.

Makanlah masakan rumah yang lebih sehat dan bersih. Anda dapat mengatur sendiri bahan makanan yang segar dan bergizi dengan memberi bahan baku yang lebih murah dibandingkan dengan membeli jadi.

Selain itu, berolahraga juga dapat Anda lakukan tanpa membutuhkan biaya besar. Lupakan dengan biaya gym atau sanggar senam yang mahal. Ada banyak aplikasi kebugaran dan video tutorial latihan fisik yang dapat membantu Anda melakukan olahraga dengan baik tanpa membayar sepeserpun uang.

5. Kurangi Stres
Sedikit tekanan dan stres memang tampak tidak berbahaya. Padahal, jika dibiarkan dan menumpuk, stres dapat berdampak pada kondisi kesehatan fisik seperti diare, sembelit, hingga beberapa gangguan lain mulai dari insomnia, depresi, obesitas, penyakit jantung, dan banyak lagi.

Waspadai jam kerja yang terlalu banyak, kurang waktu tidur, tidak berolahraga, pola yang buruk, dan kurangnya waktu bersosialisasi yang dapat berisiko mengakibatkan stres. Dengan kata lain, cobalah untuk menghindarinya dengan mengimbangi waktu untuk bekerja, istirahat, olahraga, dan bersosialisasi sesuai dengan porsinya.

6. Menjadi Relawan
Cara terbaik yang kerap diabaikan untuk menghidari stres dan tekanan adalah dengan berbagi dengan banyak orang tanpa memikirkan sebuah imbalan untuk diri Anda. Menjadi relawan dalam sebuah kegiatan sosial dapat meningkatkan kebahagiaan karena akan ada apresiasi dari diri sendiri saat Anda dapat membantu orang lain. Kurang lebih itulah yang diungkapkan oleh Peter Kanaris, Ph.D., Koordinator Pendidikan Publik untuk New York State Psychological Association.

7. Jangan Berhenti Belajar
Siapa bilang kembali bersekolah dan belajar akan menambah beban pikiran. Pasalnya, belajar ternyata dapat membentuk karakter dan pola pikir menjadi lebih berkembang dan hidup. Jadi jangan heran jika banyak orang tua yang tetap tampak muda, enerjik, dan fokus karena tetap konsisten dalam belajar, baik itu dalam kelas formal, kelas informal, ataupun dengan membaca buku dan rutin mengikuti seminar terbuka.


8. Kurangi Alkohol
Jika Anda merupakan seorang peminum alkohol, cobalah untuk mulai mengurangi asupannya sedikit demi sedikit untuk kesehatan tubuh yang lebih baik di masa depan. Minum alkohol berlebihan mempengaruhi neurotransmiter otak dan dapat meningkatkan risiko depresi, kehilangan memori, atau bahkan kejang. Para peminum berat dapat mengalami peningkatan risiko penyakit hati dan jantung, hipertensi, stroke, kerusakan mental, dan bahkan kanker mulut, tenggorokan, hati, serta payudara.

9. Perbanyak Waktu Istirahat
Anda mungkin sudah tahu bahwa tidur malam yang baik dapat menenangkan suasana hati dan menyegarkan penampilan. Namun, ternyata tidur juga dapat memiliki dampak baik untuk kesehatan fisik secara keselutuhan. Kurang tidur telah dikaitkan dengan risiko obesitas dan diabetes tipe 2 yang lebih besar. Bahkan, tidur juga sangat penting untuk memperkuat ingatan (proses yang disebut konsolidasi).

Namun, ini bukan berarti Anda dapat tidur lama tanpa melakukan aktvitas lain. Cobalah tidur dengan waktu yang ideal untuk tubuh Anda dan selipkan waktu untuk tidur siang di sela-sela bekerja untuk meningkatkan kembali energi dan fokus Anda.

10. Luangkan Waktu untuk Jalan-jalan
Jangan pernah sepelekan manfaat jalan-jalan untuk kesehatan fisik dan mental. Berpergian dapat meningkatkan kebahagiaan dan meregangkan sejenak pikiran dari padatnya aktivitas dan deadline pekerjaan.

Read More

Cara Identifikasi Kesehatan Anda Lewat Detak Jantung Saat Istirahat

Salah satu cara yang paling mudah dan efektif untuk mengukur kesehatan Anda bisa dilakukan dengan dua jari selama 30 detik. Mengukur detak jantung saat istirahat Anda atau RHR (resting heart rate), yaitu dengan cara menghitung detak jantung per menit ketika Anda beristirahat, karena ketika beristirahat saat itulah waktu sebenernya otot jantung Anda bekerja.

Mudah sekali untuk dilakukan. Letakkan jari telunjuk dan jari tengah Anda pada pergelangan tangan, tepat dibawah jempol atau bisa juga pada bagian leher Anda, atau tempat-tempat yang memiliki detak. Gunakan jam tangan untuk menghitung jumlah detak jantung selama 30 detik dan di kali dua untuk mendapatkan detak jantung selama satu menit. Ulangi beberapa kali supaya lebih yakin lagi. RHR antara 60 dan 100 per menit dikatakan normal untuk orang dewasa.  Menurut American Heart Association, detak jantung istirahat rata-rata 60-100 detak per menit (BPM) pada anak-anak usia 10 tahun atau lebih tua dan manula. Sementara pada atlet profesional terlatih adalah 40-60 detak per menit (BPM).

RHR bisa menunjukan beberapa tanda-tanda, seperti tekanan darah dan kolesterol, bisa membantu mengidentifikasi potensi masalah kesehatan atau mengukur kesehatan jantung Anda saat ini. Pada beberapa kasus, RHR yang rendah bisa berarti terlalu banyak aktivitas fisik. Sementara RHR yang tinggi bisa menjadi tanda tingginya resiko penyakit jantung.

Faktanya, penelitian menemukan bahwa RHR yang lebih dari kisaran 60 sampai 100 bisa meningkatkan resiko penyakit kardiovaskular atau bahkan kematian dini. Penelitian di tahun 2013 menunjukkan bahwa RHR yang tinggi dapat meningkatkan resiko kematian dini. Terutama RHR yang nilainya antara 81 sampai 90 – memiliki resiko kematian dua kali lipat; dan diatas 90 resikonya menjadi tiga kali lipat. Sementara, RHR yang rendah dapat menyebabkan pusing atau kelelahan. Konsultasikan segera gejala-gejala tersebut ke dokter Anda.

Cek RHR Anda secara rutin

Dr. Jason Wasfy dari Harvard-affiliated Massachusetts General Hospital Heart Center, menyarankan setiap orang untuk mengecek RHR beberapa kali dalam sehari dan juga per minggu. Perlu diingat bahwa jumlah detak jantung yang dihasilkan bisa diakibatkan oleh banyak faktor  termasuk stres, rasa cemas, hormon, dan konsumsi obat-obatan untuk tekanan darah atau antidepresan.

Konsultasikan kepada dokter Anda jika RHR Anda tidak pada batas normal. Untuk menurunkan RHR Anda, bisa dengan berolahraga, dan intensitasnya perlu untuk diperhatikan. Penelitian menunjukan,usia 55 tahun dengan olahraga aerobik intensitas tinggi (sekitar 66% dari usaha maksimal) selama satu jam per minggu bisa menurunkan RHR secara efisien daripada olahraga dengan intensitas rendah (33% dari usaha maksimal).

Tips untuk mengukur RHR Anda

  1. Jangan mengukur RHR Anda dalam satu atau dua jam setelah olahraga  atau saat mengalami kecemasan dan stres. Detak jantung Anda bisa meningkat setelah aktivitas yang berat.
  2. Tunggu hingga setidaknya satu jam setelah mengonsumsi kafein karena efek kafein membuat jantung berdetak lebih cepat.
  3. The American Heart Association merekomendasikan untuk mengecek detak jantung Anda setalah bangun tidur, sebelum beraktivitas.
Read More