Cara Mengatasi Rambut Mengembang pada Pria

Cara Mengatasi Rambut Mengembang pada Pria

Rambut mengembang tak hanya menjadi masalah pada wanita, tapi juga pria. Meski sudah diatur sedemikian rupa, masalah rambut mengembang tampaknya tak bisa diselesaikan begitu saja.

Bagi pria, rambut tak hanya sekedar bagian dari tubuh. Rambut dapat menjadi bagian dari style sekaligus memperlihatkan cerminan dirinya. Tapi Anda tak perlu khawatir, karena ada beberapa cara mengatasi rambut mengembang yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Mengapa rambut bisa mengembang?

Rambut mengembang dapat menjadi pertanda rambut Anda sedang dalam kondisi tidak sehat. Ketika rambut kering dan rusak, kutikula rambut berubah menjadi bergelombang dan tidak rata. Hal inilah yang menjadikan rambut mengembang.

Ada beberapa faktor yang bisa memicu rambut Anda terlihat seperti surai singa, yaitu:

  • Cuaca yang panas dan lembab.
  • Paparan sinar UV matahari.
  • Terlalu sering keramas.
  • Menggunakan air yang terkontaminasi klorin. Biasanya ditemukan di kolam renang.
  • Gesekan dari topi atau handuk.
  • Kondisi kesehatan tertentu, seperti anoreksia nervosa.

Cara mengatasi rambut mengembang pada pria

Anda tak perlu repot-repot pergi ke salon untuk mengatasi rambut singa Anda. Berikut ini beberapa cara mengatasi rambut mengembang dengan mudah yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

  • Menggunakan sampo yang bersifat melembabkan

Perawatan rambut mengembang dimulai dari pemilihan sampo. Rambut mengembang disebabkan oleh kondisi rambut yang terlalu kering. Untuk mengatasinya, pilihlah sampo yang bersifat melembabkan.

Sampo dengan kandungan minyak argan atau minyak kelapa adalah pilihan yang terbaik. Anda juga bisa memilih produk dengan kandungan minyak lainnya, atau sampo yang diformulasikan khusus untuk rambut keriting dan mengembang.

Hindarilah produk yang mengandung sulfat karena akan membuat rambut Anda semakin kering. Sebagai perawatan tambahan, Anda bisa menggunakan kondisioner setelah keramas untuk memberi kelembaban ekstra dan menghindari dari rambut kusut.

  • Menggunakan serum rambut

Serum rambut memiliki beragam fungsi, salah satunya mengatasi rambut mengembang. Selain itu, serum berguna menjaga kelembaban pada rambut.

Untuk mengatasi rambut mengembang, carilah serum dengan kandungan minyak jarak atau lidah buaya. Aplikasikan serum setelah keramas, saat kondisi rambut masih basah.

  • Menggunakan kondisioner tanpa bilas

Dibandingkan dengan kondisioner bilas, kondisioner tanpa bilas biasanya memiliki kandungan yang lebih ringan. Kondisioner ini diformulasikan untuk tetap menempel di rambut Anda.

Selain itu, kondisioner tanpa bilas juga memiliki fungsi melembabkan yang lebih baik daripada kondisioner bilas. 

  • Hindari keramas terlalu sering

Sampo mengandung berbagai zat kimia yang dapat merusak rambut. Mencuci rambut terlalu sering dapat membuat rambut kering dan rusak, karena menghilangkan minyak alami pada rambut. Waktu keramas yang disarankan adalah dua kali seminggu.

  • Menggunakan minyak rambut

Sebagai perawatan tambahan, Anda bisa menggunakan minyak rambut. Gunakan minyak rambut sebelum Anda keramas, atau meninggalkannya semalaman sebelum dibilas sampo keesokan harinya. 

Ada beberapa pilihan minyak rambut yang bisa Anda coba, yaitu:

  1. Minyak zaitun.
  2. Minyak kelapa. 
  3. Minyak jojoba.
  4. Minyak argan.
  5. Minyak almond. 
  6. Minyak alpukat.
  7. Minyak jarak.
  • Menggunakan masker rambut

Masker rambut berfungsi memberi kelembaban dan menutrisi rambut secara menyeluruh. Anda bisa membeli masker rambut yang dijual bebas atau membuatnya sendiri.

Pisang, madu, dan kuning telur adalah bahan alami yang umum dijadikan sebagai masker rambut. Aplikasikan masker rambut selama 20 menit atau lebih, lalu bilas dengan sampo. 
Beberapa orang rentan terhadap rambut mengembang, salah satunya adalah pria dengan rambut keriting. Meskipun begitu, Anda dapat melakukan perawatan rambut sederhana sebagai salah satu cara mengatasi rambut keriting.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*