Cara Mencegah Serangan Jantung dengan Berbagai Makanan Sehat

Seorang manusia bisa mengalami situasi yang gawat darurat jika terkena serangan jantung. Banyak sekali kemungkinan dari pemicu serangan jantung. Namun, yang pasti kondisi tersebut terjadi ketika organ jantung tidak mendapat  pasokan darah yang cukup. Ketahuilah cara mencegah serangan jantung agar terhindar dari situasi berbahaya.

Kurangnya pasokan darah itu disebabkan oleh penyumbatan atau penyempitan saluran atau pembuluh darah. Jantung yang tak mendapat pasokan darah, sama seperti jaringan lain di dalam tubuh, akan kehilangan oksigen untuk kemudian mati.

Salah satu tanda utama orang terkena serangan jantung adalah rasa sesak dan/atau nyeri yang amat sangat di daerah dada, leher, punggung, atau bahkan lengan. Jangan biarkan serangan jantung terjadi dengan mengubah pola hidup.

Termasuk dari itu adalah memperhatikan pola makanan atau asupan yang masuk ke dalam tubuh. Biar bagaimanapun, pola konsumsi punya andil besar dalam keseimbangan kesehatan tubuh, termasuk jantung.

Berikut ini beberapa bahan makanan sehat yang bisa dijadikan andalan sebagai cara mencegah serangan jantung:

  • Alpukat

Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung. Lemak tak jenuh dikaitkan dengan kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Alpukat juga kaya akan kalium yang merupakan nutrisi penting untuk jantung. Konsumsi kalium juga dapat menurunkan tekanan darah dan dikaitkan dengan pengurangan risiko serangan jantung serta stroke.

  • Gandum Utuh

Penumpukan kolesterol merupakan faktor risiko yang dapat memicu serangan jantung. Seseorang perlu menjaga kadar kolesterol di dalam darahnya. Beruntung, gandum utuh kaya akan serat yang dapat mengurangi kolesterol jahat. Oleh karenanya bahan makanan ini masuk akal jika disebut dapat mencegah serangan jantung.

Selain itu, kandungan yang ada di dalam gandum juga dapat menurunkan tekanan darah sistolik.Analisis 45 studi menunjukkan, makan tiga porsi gandum utuh setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 22 persen.

  • Sayuran Hjau

Sayuran hijau merupakan sumber vitamin K yang dapat melindungi pembuluh arteri. Seperti kita ketahui bersama, sayuran berdaun hijau itu ada di sekitar kita dan mudah dijumpai seperti bayam, kangkung, hingga sawi. Mereka kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat digunakan sebagai alternatif mudah dan sehat cara mencegah serangan jantung.

Sayuran hijau ini juga mengandung nitrat yang mengurangi tekanan darah, mengurangi kekakuan arteri, dan meningkatkan fungsi sel yang melapisi pembuluh darah. Ada studi yang menunjukkan bahwa peningkatan asupan sayuran hijau memiliki hubungan yang erat dengan penurunan risiko penyakit jantung, termasuk serangan jantung mendadak.

  • Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, kembung, dan sarden kaya akan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Studi menunjukkan konsumsi salmon tiga kali seminggu efektif menurunkan tekanan darah sistolik.

Penelitian lain menyebutkan konsumsi ikan dalam jangka panjang dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol, trigliserida, dan gula darah di dalam tubuh. Selain ikan utuh, seseorang juga tetap dapat mereguk manfaat ikan dari minyaknya. Bahan ini juga dapat dikonsumsi karena terbukti mengurangi trigliserida darah dan meningkatkan fungsi pembuluh arteri.

  • Tomat

Tomat kaya akan likopen atau antioksidan yang mampu melawan inflamasi pada organ jantung. Antioksidan ini dapat mencegah kerusakan oksidatif di jantung dan pembuluh darah. Studi menemukan jika kadar likopen di dalam darah rendah, risiko serangan jantung dan stroke akan meningkat.

***

Itulah beberapa bahan makanan yang dapat mengurangi atau bahkan mencegah kemungkinan seseorang mengalami serangan jantung. Sebagai alternatif cara mencegah serangan jantung, Anda jangan hanya berfokus pada satu metode ini saja. Seseorang juga perlu melakukan berbagai kebiasaan baik lain, seperti berolahraga, menjaga pola istirahat, tidak merokok, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*