Buah Gooseberry Lezat Kaya Kandungan Serat

Gooseberry adalah jenis buah berukuran kecil yang mengandung banyak nutrisi dan mampu menyediakan berbagai manfaat kesehatan untuk tubuh. Gooseberry memiliki bentuk yang kecil dengan berat sekitar 3 hingga 6 gram per buahnya. Buah ini memiliki banyak warna, seperti hijau, kuning-putih, merah muda, merah, dan ungu tua. Tidak hanya rasanya yang lezat, buah ini ternyata memiliki manfaat yang menyehatkan. Itu semua dikarenakan akan kandungan nutrisi yang terkandung di dalam buah gooseberry. Misalnya, dalam 150 gram buah gooseberry Anda akan mendapatkan 66 kalori, 1 gram protein, kurang dari 1 gram lemak, 15 gram karbohidrat, 7 gram serat, 46% Nilai Harian (DV) vitamin C, 9% DV vitamin B5, 7% DV vitamin B6, 12% DV tembaga, 9% DV mangan, dan 6% DV potassium. 

Manfaat gooseberry bagi kesehatan tubuh melimpah karena kandungan nutrisinya yang kaya tersebut. Vitamin C adalah antioksidan yang kuat dan sangat dibutuhkan untuk sistem saraf, sistem kekebalan tubuh, dan kulit tubuh. Vitamin B5 dibutuhkan untuk memproduksi asam lemak, dengan vitamin B6 dibutuhkan sel-sel dan enzim di dalam tubuh agar dapat berfungsi, membantu mengubah makanan menjadi energi. Sementara itu, tembaga sangat penting untuk jantung, pembuluh darah, sistem kekebalan tubuh, dan otak. Di sisi lain, mangan berfungsi untuk mendukung metabolisme, pembentukan tulang, reproduksi, dan respon kekebalan tubuh, serta potassium penting untuk fungsi sel normal. 

Gooseberry tinggi serat namun rendah kalori

Buah gooseberry tinggi akan kandungan serat namun rendah energi. Ini berarti Anda dapat mengonsumsi buah ini dalam jumlah yang banyak namun tidak mendapatkan asupan kalori yang berlebihan. Faktanya, dalam 150 gram buah gooseberry hanya akan memberi 3% dari total kalori yang dibutuhkan oleh seseorang setiap harinya. Tidak mengherankan apabila buah gooseberry dianggap sebagai cemilan bernutrisi yang rendah kalori. Penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi buah gooseberry dapat membantu menurunkan berat badan dan membuat Anda mengonsumsi kalori lebih sedikit. 

Sebuah studi kecil menemukan bahwa mereka yang makan buah beri sebagai camilan mengonsumsi 130 kalori lebih sedikit pada saat makan besar selanjutnya, dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi kalori dari camilan manis. Gooseberry juga merupakan sumber serat die larut dan tak larut yang baik. Dalam 150 gram gooseberry mengandung serat sebesar 26% DV, membuatnya sumber yang dapat diandalkan apabila Anda ingin meningkatkan asupan serat. Serat tak larut membantu menambah masa pada kotoran di dalam usus dan meningkatkan konsistensinya. Di sisi lain, serat larut membantu memperlambat pergerakan makanan di dalam usus, yang dapat mengurangi rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang. Sebagai tambahan, serat diet dari buah juga dapat mengatur kadar gula darah dan mengurangi tekanan darah, kolesterol, dan risiko menderita kondisi kronis seperti kanker, penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan obesitas. 

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal, ada baiknya untuk Anda mengonsumsi buah gooseberry yang segar. Buah ini memiliki rasa yang beragam, mulai dari kecut hingga manis, mirip buah anggur yang kurang masak. Semakin masak buah gooseberry, semakin manis pula rasa yang diberikannya. Anda bisa mengonsumsi buah gooseberry secara langsung atau ditambahkan ke dalam salad, digunakan sebagai topping untuk yogurt dan sereal, serta mencampurnya ke dalam smoothie yang menyegarkan. Gooseberry juga bisa digunakan untuk campuran kue, pie, atau dijadikan sebagai selai.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*