Beragam Fakta Mengenai Meningitus Virus

Meningitis atau radang selaput otak dikenal menjadi momok yang menakutkan sebab memiliki tingkat fatalitas yang tinggi. Namun, tahukah Anda bahwa meningitis pun memiliki banyak rupa bergantung apa penyebabnya. Beberapa jenis meningitis, yakni meningitis bakterial, meningitis jamur, meningitis parasit, serta meningitis virus.

meningitis virus

Meningitis virus menjadi salah satu jenis meningitis yang patut mendapat perhatian karena disebut-sebut sebagai radang selaput otak yang paling umum terjadi.  Meningitis virus disebabkan oleh virus enterovirus, virus herpes, maupun flavivirus. Di mana virus-virus ini sangat mudah tersebar lewat interaksi dengan hewan ataupun yang tertempel di bahan makanan. Karena alasan ini pulalah, meningitis virus menjadi jenis yang paling mudah ditularkan.

Namun selain disebabkan oleh virus dan paling mudah ditularkan, apakah Anda tidak tertarik mengenal fakta-fakta lain mengenai jenis meningitis yang satu ini? Berikut ini adalah beberapa fakta mengenai meningitis virus yang visa menambah pengetahuan Anda sekaligus membuat tercengang.

  1. Timbulkan Gejala Ringan

Banyak orang tidak menyadari sedang terkena rada selaput otak yang disebabkan oleh enterovirus ataupun flavivirus. Penyebabnya karena meningitis virus kerap hanya menimbulkan gejala yang ringan. Gejala-gejala yang dialami ole orang yang menderitsa meningitis virus umumnya hanya demam, kelelahan, sakit kepala, serta rasa mual berlebih. Di mana gejala-gejala tersebut kerap kali dipandnag remeh dan dinilai bisa sembuh dengan istirahat biasa.

  • Bisa Sembuh Sendiri

Kenyataannya, meningitis virus merupakan jenis meningitis yang memiliki tingkat fatalitas rendah dibandingkan radang selaput otak lainnya. Bahkan penderita penyakit ini bisa sembuh sendiri tanpa harus melakukan perawatan ke dokter. Waktu penyembuhan untuk meningitis virus rata-rata berkisar 7—14 hari. Akan tetapi, kondisi pulih dari meningitis yang disebabkan oleh virus tetap harus dipantau tim medis sebab tidak semua penderitanya bisa sembuh sendiri.

  • Mirip dengan Meningitis Bakterial

Salah satu alasan mengapa Anda tidak boleh terlalu percaya diri untuk tidak berobat ketika merasakan gejala meningitis virus karena gejala yang muncul sangat mirip dengan meningitis bakterial. Di sisi lain, meningitis bacterial termasuk jenis radang selaput otak memiliki risiko fatalitas yang tinggi karena sangat cepat merusak selaput otak. Pemeriksaan ke medis perlu dilakukan guna segera memastikan jenis meningitis apa yang tengah Anda alami. Pemeriksaan cairan serebrospinal akan dilakukan dokter untuk memastikan jenis penyakit yang Anda alami.

  • Mudah Menyerang Balita

Anak-anak dengan usia di bawah lima tahun akan lebih rentan terkena penyakit meningitis virus. Hal ini karena imun tubuh anak-anak cenderung lebih lemah daripada orang dewasa. Dengan imun tubuh yang tidak terlalu kuat, virus penyebab meningitis lebih mudah menyusup dan menyerang. Ditambah lagi, anak-anak di bawah usia lima tahun memiliki tingkat penasaran yang tinggi sehingga kerap menyentuh benda-benda asing yang kotor dan mungkin telah terkontaminasi virus penyebab meningitis.

  • Bahaya untuk Bayi

Meningitis virus memang merupakan radang selaput otak yang memiliki tingkat fatalitas lebih rendah dibandingkan jenis meningitis lainnya. Bahkan dalam beberapa kasus, penyakit ini bisa sembuh sendiri tanpa harus mendapat penanganan dokter. Hanya saja apabila anak di bawah usia 1 tahun terserang meningitis virus, segeralah untuk melakukan perawatan medis sebab tingkat fatalitas menjadi bertambah berkali-kali lipat. Kondisi meningitis virus pada bayi bahkan cenderung menimbulkan komplikasi di masa mendatang.

*** Bagaimanapun, menganggap remeh suatu penyakit sangat tidak dianjurkan, termasuk terhadap meningitis virus. Walau disebut-sebut memiliki tingkat fatalitas rendah, pengobatan ke dokter untuk memperoleh penanganan yang tepat amat diperlukan guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*