10 Bahaya Minum Air Es Bagi Kesehatan

Bahaya minum air es ternyata dapat menyebabkan migrain.

Saat cuaca sedang panas dan terik, minum air air memang sangat menyegarkan dan melegakan dahaga. Eits, tapi ternyata jika keseringan berbahaya bagi kesehatan, lho. Sebab bahaya minum air es salah satunya dapat membekukan lemak di darah sehingga jadi tidak lancar.

Nah, bahaya ini bukan sekadar mitos belaka karena sudah banyak riset yang membuktikannya. Lalu, apa saja bahayanya?

Bahaya Minum Air Es Bagi Kesehatan

Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik merupakan hal yang penting. Namun apakah baik jika minum air es terlalu banyak? Berikut bahaya minum air es bagi kesehatan.

  • Memperparah Migrain

Migrain atau sakit kepala sebelah bisa menjadi lebih parah karena minum air es. Ini sudah dibuktikan oleh riset. Jadi, jika Anda penderita migrain, sebaiknya hindarilah air es agar menghambat terjadinya sakit kepala sebelah yang semakin parah.

  • Membuat Ingus Mengental

Saat pilek, sebaiknya tidak konsumsi air es. Hal ini disebabkan karena ingus akan menjadi kental karena air es sehingga ingus tersebut sulit melewati saluran pernapasan saat dikeluarkan. 

Sebaliknya, minum air hangat dapat membuat pernapasan lebih lega. Selain air hangat, saat pilek juga sebaiknya konsumsi sup hangat.

  • Memicu Kondisi Tubuh Tidak Stabil

Minum air es dipercaya dapat menyebabkan ketidakstabilan tubuh. Hal ini diyakini dalam dunia pengobatan Tiongkok kuno, akan tetapi butuh pembuktian secara ilmiah. Sehingga asumsi ini mungkin tidak bisa dipercaya sepenuhnya.

  • Menyebabkan Radang Tenggorokan

Minum air es atau yang dingin lainnya dapat menyebabkan tenggorokan meradang atau terasa sakit. Akan tetapi ini masih butuh bukti ilmiah atau riset yang kuat lagi. 

  • Memperburuk Kondisi Akalasia

Akalasia merupakan kondisi ketika muncul rasa nyeri saat menelan makanan lewat kerongkongan. Rasa nyeri ini tentu saja mengganggu penderitanya. Bahaya minum air es ternyata dapat memperparah kondisi akalasia ini. Jadi, hindarilah minum air es dan perbanyak konsumsi air hangat karena menurut riset dapat meredakan gejalanya. 

  • Mengganggu Fungsi Pencernaan

Ternyata minum air es keseringan juga tidak baik bagi pencernaan karena menyebabkan proses pencernaan menjadi lambat. Selain itu juga dapat menyebabkan rasa nyeri di bagian perut dan juga mual.

Bahaya air es juga dapat membekukan makanan dan membuat lemak tidak bisa hancur maksimal sehingga membuat perut sembelit dan kembung.

  • Penyumbatan pada Usus

Sering minum es setelah makan bisa menyebabkan usus tersumbat. Sebab, proses penghancuran dan penyerapan makanan di usus akan terganggu akibat struktur makanan menjadi beku karena suhu air es. Sehingga lemak pada saluran usus menjadi mengendap dan terjadilah penyumbatan.

  • Meningkatkan Berat Badan

Air putih memang tidak mengandung kalori. Namun, jika yang diminum air dingin atau air es, maka ini dapat menyebabkan berat badan meningkat. Sebab, air es dapat membekukan lemak di darah sehingga peredarannya terhambat dan tidak lancar. Ini akan membuat metabolisme tubuh akan terganggu dan terjadi peningkatan berat badan.

  • Mudah Merasa Haus

Minum air es ternyata tidak mampu melepaskan dahaga, melainkan hanya akan membuat Anda menjadi mudah haus. Air es bisa membuat pembuluh darah menyempit. Dehidrasi juga bisa membuat aliran darah dan oksigen menurun sehingga akan menjadi mudah haus meskipun Anda minum air es yang banyak. 

  • Membuat Detak Jantung Melambat

Ternyata minum air es juga dapat mempengaruhi saraf vagus jika terlalu sering. Saraf ini memiliki tugas untuk mengontrol aktivitas bawah sadar tubuh. Sehingga dapat membuat detak jantung menjadi lambat. 

Itulah bahaya minum air es yang terlalu sering bagi kesehatan. Air es memang tidak selamanya berbahaya bagi tubuh. Akan tetapi saat kondisi tubuh tidak fit atau mengalami kondisi medis dan sebagainya, sebaiknya hindari minum air es.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*